Perjalanan 56 tahun land rover series 1

English here… is gibberish but you get the idea.. :D

Land rover series 1 yang baru saya dapatkan ini untungnya memiliki dokumen yang cukup lengkap, ternyata sejak dulu masuk ke Indonesia warnanya adalah abu abu dan rupanya warna itu dipertahankan sampai sekarang. Sebenarnya saya lebih suka warna hijau gelap, tapi saya tidak ingin mengubah warna yang sekarang sudah ada, biarlah seperti yang sekarang ini.

1-DSCF3991

Menurut dokumen yang ada, mobil ini masuk ke Indonesia pada tanggal 9 oktober 1957 ke Javamotor,  jalan kramat raya 17 Jakarta. tidak jelas apakah cara importnya CKD, SKD atau BU.

Menariknya, mobil ini baru di registrasi pada tanggal 22 September 1966 atau delapan tahun setelah mobil ini di import, nama pemilik pertamanya adalah instansi Kantor agraria kabupaten Cilacap. dengan alamat  Jl. Kelud no 36 cilacap purwokerto, dan 2 tahun kemudian (pada tahun 1968) barulah BPKB keluar dengan nama pemilik yang sama dengan nomor polisi R 685. Pada Juli tahun 1976 nomor polisi berubah menjadi R-262-B.

Mobil ini ada di kantor agraria cilacap kira kira  selama 12 tahun, karena pada tahun 1978 mobil ini di pindah ke Purworejo dengan nama pemilik tetap kantor agraria. Sepertinya mobil ini digunakan oleh salah satu petinggi dari kantor agraria tersebut dan ikut mutasi dengan penggunanya (atau mungkin kantornya pindah dari purwokerto ke purworejo) alamat barunya adalah Mayjen sutoyo 35 purworejo dan nomore polisipun berubah menjadi R 176 B

Baru pada tahun 1986 (10 tahun kemudian) land rover ini pindah ke tangan pemilik pribadi bukan lagi atas nama instansi. Pemiliknya adalah bapak Maksum yang berlokasi di Tambak rejo, Purworerjo, mungkin pak maksum ini adalah seorang petinggi yang menggunakan land rover ini selama beliau dinas di kantor agraria.. mungkin… nomor polisi berubah menjadi AA-7739-C

Lima tahun kemudian (tahun 1991), berpindah pemilik dengan nama Bapak Sastro Prawiryo dg alamat: dukuh Kahuripan, Kalirejo, bagelen, Purworejo nomor polisi tetap AA 7739-C, kemudian pindah tangan lagi ka Bapak Soegimin lamat Doplang Purworejo, nomor polisi tetap AA 7739-C

Tujuh tahun kemudian (1998), Land rover ini dimiliki oleh Bapak Ir. Heru Indriasmoko, Kutoarjo, Sragen tengah, sragen, nomor polisi tetap AA 7739-C.  land rover ini menjadi milik Bapak Heru setidaknya sampai dengan 2006, Pajak mati dari 2008 dan STNK mati tahun 2011.

Sepertinya landrover ini dari kepemilkan Bapak Heru sudah pindah setidaknya tiga kali, dari yang saya tahu, land rover ini sudah dimiliki orang dari Bandung, terus kemudian dimiliki orang  depok sebelum pindah tangan ke saya. berikut ini adalah peta dari perjalanan land rover series ini:

java3

Bila anda tahu orang orang tersebut diatas, mungkin siapa tahu bisa reuni sebagai pemilik land rover series 1 ini.. :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s