Gear Acquisition Syndrome

Gear Acquisition Syndrome

Sebetulnya tidak masalah apakah anda membeli sebuah peralatan semahal apapun, kalau digunakan secara sering, maka biaya per penggunaan akan menjadi murah. Apalagi kalau perlengkapan tersebut menghasilkan uang tambahan, maka harga peralatan tersebut akan bisa kembali modal.

Pembelian mobil keluarga atau rumah misalnya, meski harganya mahal tapi kalau digunakan terus akan memaksimalkan nilai yang ada. Bayangkan kalau anda harus naik taksi kemana mana atau kost / ngontrak… lebih mungkin jatuhnya akan lebih mahal.

Biasanya barang gadget Hobi menjadi hal yang mahal ketika kita tidak menggunakannya (menikmatinya ) lebih sering… jujur ada beberapa barang hobi yang menurut saya tidak terlalu sering saya gunakan sehingga biaya aquisisinya tidak balik modal. Salah satunya adalah perlengkapan fotografi misalnya fuji X100 yang sekarang banyak tinggal dirumah daripada di dalam tas dan anda semakin jarang melihat foto di blog ini.

Ada cara yang mudah untuk mengetahui apakah anda juga memiliki masalah GAS (Gear Acquisition Syndrome), coba anda jawab beberapa hal dibawah ini:

  • Apakah anda sering beranggapan bahwa gadget anda cepat obsolete dan harus segera mengganti dengan model yang baru..?
  • Apakah anda sering tidak puas dengan gadget anda dan ingin mengupgrade untuk menjadikannya lebih baik?
  • Apakah anda memiliki gadget yang tidak terpakai dirumah tapi juga masih sayang untuk menjual / memberikan kepada orang lain?
  • Apakah anda merasa lebih mahal untuk membayar training cara menggunakan gadget anda (misalnya fotografi, selam dll) dibandingkan dengan membeli barang anda.
  • Apakah anda suka pamer gadget (baik sadar maupun tidak :))

Bila jawaban anda lebih banyak “YA”… maka ada dua kemungkinan yaitu: anda adalah seorang kolektor atau anda memiliki masalah “GAS”… tapi saya sarankan untuk segera menemui psikolog :) … Saya beruntung saya punya akses mudah ke psikolog meskipun belum terlihat hasilnya :D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s