Buku Baru Tentang Dahlan Iskan

Beberapa hari yang lalu Pak Ishadi S.K (Petinggi Trans Corp.)membagikan buku kebeberapa orang, termasuk saya. Beliau ternyata adalah editor dari buku yang baru tentang Dahlan Iskan. Pada dasarnya buku ini semacam bunga rampai, tulisan dari berbagai pihak baik dari sisi wartawan, Pengusaha, Mahasiswa, orang dalam PLN dll.

Setelah membaca buku ini, kita bisa menyimpulkan bahwa Dahlan Iskan mendapatkan tekanan yang luar biasa ketika mulai menjalani tugas yang diembannya. Saya masih ingat ketika awal beliau akan diangkat, beliau berdialog di TV One dengan seseorang karyawan PLN dengan baju gamisnya.

Penolakannya berdasarkan pada: Conflict of interest (karena Dhalan Iskan punya perusahaan pembangkit listrik), ditakutkan PLN akan di “jual”, serta ditakutkan akan terjadi perubahan besar besaran didalam tubuh PLN. Sepertinya penolakan itu sepertinya lebih karena orang dalam PLN malu karena orang dalam tidak bisa melakukan apapun untuk menanggulangi permasalahan yang ada.

Dalam buku ini juga terlihat bagaimana DI berjuang untuk mendapatkan kepercayaan baik dari dalam dan dari luar. DI tidak takut untuk membangkang kepada DPR, pemerintah dan pengusaha pada issue “Capping”, sehingga Internal PLN pun mulai percaya padanya. Tak takut menghadapi demo dari dalam PLN, semua ketakutan dibuktikannya tidak terjadi, bahkan Dahlan iskan tidak memasukkan satu orang luar pun selama beliau menjabat.

Hampir semua penulis di buku tersebut memberikan apresiasi yang positive, bahkan Sofyan wanandi seterunya pada saat menghilangkan kebijakan capping pun memujinya. Hanya satu tulisan yang mengatakan bahwa sebenarnya perbaikan yang dilakukan DI hanyalah temporer, sedangkan kanker besarnya sendiri belum terjamah.

Adapun kelihatannya berhasil, itu karena banyak teman2nya dari Pers yang selalu “menjaga” berita supaya tetap positif. Betul atau tidak anda yang memutuskan…

Bagi saya, DI masuk ke PLN adalah satu kasus dimana kita bisa melihat diperlukannya seseorang dari luar sistem untuk mengubah budaya buruk yang sudah mendarah daging. Setidaknya banyak perubahan dari PLN yang harusnya kita apresiasi, sedangkan dari segi leadership, banyak juga hal yang bisa kita pelajari dan lakukan dari seorang DI ini.

Bila anda ingin mengetahui lebih banyak, buku ini sudah tersedia di toko buku dengan harga Rp. 40.000 kalau tidak salah.

Buku Tentang Dahlan iskan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s