Which one are we..? Manager VS Leader

Untuk mengetahui siapa manager di sebuah team atau perusahaan sangat mudah, tanyakan ke beberapa orang dan anda akan mendapatkan jawabannya dengan relatif cepat. Hampir semua orang tahu siapa manager dan siapa bukan.

Untuk mengetahui siapa leader tidak semudah itu, kita harus berinteraksi, get the sense of team dynamic dan kitapun akan mengetahui siapa leadernya… mungkin si manager, mungkin juga bukan.

Manager pada dasarnya adalah orang yang bertugas untuk menjalankan usaha dengan baik dan lancar melalui resources yang dia miliki. Hampir pasti bahwa dia memiliki semacam “formal announcement” sehingga semua orang di organisasi tahu hierarchy nya.

Manager membutuhkan KPI (key performance indicator), membutuhkan Job discription, membutuhkan formal authority untuk melakukannya pekerjaannya dengan baik.

Leader tidak membutuhkan hal itu… tetapi tanpa atau dengan authority, dia memiliki power untuk membuat kita “panas”, termotivasi, melakukan sesuatu, terobosan atau hal-hal baru yang mungkin tanpa disertai imbalan yang lebih.

Not easy to be a leader, tetapi biasanya orang yang secara yakin dan ingin memajukan orang lain dan lingkungannya tanpa pamrih, kita dengan sedang hati untuk menjadi supporter.

Regardless the title apakah itu Jendral, Presiden, Direktur, Managing director etc etc etc… kalau kita tidak memiliki kualitas leadership, maka title tersebut hanyalah “glorified manager”.

Jakarta, maret 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s