Wifi Set Up : TP-Link TL-WR1043ND dan Speedy

Wifi

Ternyata memasang Wifi tidaklah mudah tinggal colok dan semua beres…, meskipun bagi beberapa orang mudah, tapi bagi saya membingungkan sekali, karena mengikuti manualnya ternyata tidak bisa langsung berhasil dengan baik…

Setelah browsing kesana kemari (saya sudah agak lupa di web mana saya mendapatkan pencerahannya) berikut ini adalah yang saya lakukan untuk bisa memasang wifi dengan baik.

  1. Setelah semua dipasang seperti pada manual dan di “on” kan semua dan semua (modem, router dan komputer) berfungsi baik maka anda siap untuk men set upnya… tidak perlu pakai disk…
  2. Buka internet browser anda dan isikan nomer ini : 192.168.1.1 di browser anda dan tekan ENTER
  3. Maka anda akan diminta untuk mengisikan password, isikan :  User: admin ; Password: admin tekan ENTER (bila tidak, check koneksi kabel2 anda)
  4. Sekarang anda akan masuk ke halaman set-up / Menu
  5. Klik di menu : Network -> LAN ganti IP TPlink dengan: 192.168.2.1 (dari 192.168.1.1), dan Subnet mask : 255.255.255.0 (kalau sudah terisi angka ini biarkan saja) ini adalah langkah penting yang tidak ada dalam manual dan membuat pusing tujuh keliling :)
  6. Kemudian reboot tplinknya menu: System Tools -> Reboot
  7. Isikan angka :192.168.2.1 di browser dan tekan  ENTER
  8. Klik Quick Setup dan terus klik NEXT sampai habis, tidak perlu merubah / mengisi apapun meskipun disuruh mengisi user dan password
  9. Ketika Finish anda akan di suruh me-reboot… klik reboot saja dan tunggu sampai selesai
  10. Klik : Network -> WAN ganti WAN Connection type dari PPPoE menjadi dynamic IP Langkah yang penting karena kalau pakai PPPoE harus tahu passwordnya, saya tidak tahu passwordnya apaan.. :). Ini juga membuat kepusingan ke dua yg saya alami.
  11. Klik : Wireless -> Wireless Setting isi SSID dengan nama yang ingin anda tampilkan (boleh apasaja) dan REGION: Indonesia yang lain pasrahkan saja
  12. Kalau mau memberi password klik Wireless -> Wireless Security pilih security yang dikehendaki… untuk kasus saya, saya pilih Disable security (karena tidak tahu ngisi security form itu)
  13. Kemudian langkah terakhir: System Tools -> Reboot
  14. tunggu sampai selesai, cabut kabel yang menghubungkan tplink dan komputer… router anda siap digunakan

jangan takut untuk coba coba… kalau salah dan ribet tinggal di hard reset caranya adalah: lihat dibelakang TP-Link anda, ada lubang kecil, colok saja pakai tusuk gigi (ditumpulin) sekitar 10 detik, maka ulangi langkah diatas…

Kalau anda mengikuti step2 ini, maka kemungkinan Wifi anda bisa berjalan, tapi kurang secure… nah kalau tahu cara yang mantap untuk securing wifi model ini tolong di postkan di bawah, juga kalau ada kekurangan silahkan di koreksi.

Selamat menikmati browsing tanpa kabel.. :)

Advertisements

11 thoughts on “Wifi Set Up : TP-Link TL-WR1043ND dan Speedy

  1. Caranya untuk conect internet dengan Tp link WR1043nd kita disablekan saja dhcpnya, tapi dhcp yang dimodem router dienablekan, jd ip yang di pake yang di modem routernya.

  2. saya sudah coba sesuai resep, tapi tetap tdk konek antara router dengan modem spedynya.
    instalasi router tp link ya udah oke. wifi udah bisa ditangkap sama laptop tapi kalau connect internet tidak bisa. gima pak….
    tolong ya

    • Saya sendiri bukan orang yang mengerti Mas, tapi saya berhasil pakai cara itu, apakah mungkin tipe modem speedynya yang berbeda… maaf tidak dapat memberikan jawaban yang pas.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s