Capturing the Consumers’ Hearts and Minds

Ini adalah salah satu sesi di konferensi Consumer 360 yang dilakukan oleh Nielsen pada tanggal 19 october 2010 yang menurut saya paling berkesan. Disini Mr. Pradeep Pant president Kraft foods asia pasifik menjelaskan marketing strateginya dalam merebut konsumen.

Beliau memulai dengan memberikan gambaran bahwa asia pasifik sekarang menjadi sorotan utama dari perusahaan ini karena pertumbuhan yang selalu double digit dalam tiga tahun terakhir. Sehingga menjadikan area ini sebagai engine growth dari perusahaan FMCG (fast moving consumer goods) dunia.

Jadi bagaimana kita bisa memenangkan persaingan di area ini? Kuncinya satu kata Pradeep “selalu Fokus kepada kebutuhan konsumen..!”. Well, kita semua tahu bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang baru, tetapi ketika beliau menjelaskan penerapan-nya mungkin inilah yang membuatnya berbeda, seperti yang tercakup pada judul presentasi beliau:

Deep insights … Local execution – Capturing the Consumers’ Hearts and Minds” by reiterating the need to “make it real” for consumers

Ada 5 hal yang utama untuk memenangkan “consumers heart and mind” tegas Pradeep

  1. Understand the needs of consumers and shoppers deeply – use analytics for smarter decision making
  2. Go GLOCAL – not “global vs. local”
  3. Expand product portfolio using insight-based solutions
  4. Integrate Marketing Communications: Go beyond the 30-second TV commercial to multiple touchpoints
  5. Use Shopper Insights to win in-store and use Sales as a brand-building instrument

Biskuat Di Indonesia sebagai contohnya, pemasaran Biskuat menggunakan lima hal tersebut diatas:

Pradeep mengatakan bahwa ibu2 dihadapkan pada masalah untuk dapat menyiapkan energi yang dibutuhkan oleh anaknya dengan cara yang menyenangkan (fun). Ibu-ibu mungkin sudah memberikan cukup energi ketika sarapan, tetapi kebutuhan energi anak memiliki siklus seperti gelombang, kadang tinggi kadang juga rendah.

Kraft melihat kebutuhan akan energi di waktu “antara”, dimana anak anak membutuhkan energi cukup banyak pada saat aktivitas tinggi. Biskuat diluncurkan sebagai “bundle of energy” dengan harga yang terjangkau untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Kita menggunakan pengalaman di global, tapi dalam penerapannya sangat disesuaikan dengan lokal market. Kita memberikan nama untuk pelanggan kami misalnya “Budi dan Amir” adalah dua sosok anak anak SD yang memiliki aktivitas tinggi.

Ketika kita berpikir apa yang harus kita dilakukan, kita akan bertanya: apa yang diinginkan Budi dan Amir, apa yang Budi dan Amir katakan kalau kita menaikkan harga, siapa yang menjadi pujaan mereka dll, dll, sehingga semua marketing program bisa terfokus untuk mereka.

salah satu komunikasi Biskuat dg Bambang pamungkas sbg brand ambassador

salah satu Komunikasi Biskuat dg Bambang Pamungkas sebagai brand ambassador

Dengan Biskuat, kami ingin dapat mengobarkan semangat juara di setiap anak di Indonesia dengan memenuhi kebutuhan nutrisi mereka secara menyenangkan (fun). Marketing communication tidak lagi sendiri sendiri, iklan di TV saja tidaklah terlalu efisien. yang kami lakukan adalah:

  1. Mencari brand ambassador yg sesuai, sekali lagi kita bertanya, siapa yang menjadi pujaan Amir dan budi  (red: Bambang Pamungkas)
  2. Melatih dan mengirimkan anak-anak Indonesia ke tournament sepakbola internasional “to make it real to the consumers”
  3. Banyak aktivitas promo dan komunikasi yang disesuaikan dengan tema diatas
  4. Dan di retail outlet pun harus di sesuaikan penempatan dan juga komunikasinya agar mudah ditemukan produknya

Marketing event dan marketing komunikasi harus terintegrasi secara menyeluruh kalau kita ingin merek kita memenangkan persaingan di hati dan benak konsumen.

Demikian Pradeep mengakhiri “Keynote address” nya… Beliau juga memberikan beberapa contoh penerapannya di negara lain yang tak kalah menariknya.

Thank you for sharing the strategy Pradeep, really appreciate it.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s