SES-Socio Economic Status Indonesia

Ternyata banyak sekali dari pengunjung mengetahui blog ini dengan search “SES Indonesia”, sayangnya post saya yang dahulu sudah terhapus, dan saya mendapatkan email dari beberapa mahasiswa untuk mendapatkan kembali SES definition tersebut. Berikut ini saya mencoba menuliskan kembali tentang SES.

SES sebenarnya adalah cara untuk mengklasifikasikan konsumen berdasarkan kemampuan ekonomi ataupun status sosialnya. Ada banyak cara untuk melakukan penggolongan ini, masing-masing negara memiliki cara yang berbeda, bahkan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain bisa memiliki pandangan yang tidak sama tentang cara pengukuran SES ini.

Dinegara yang maju, untuk mengukur SES terdiri dari beberapa variable: misalnya Income, Education, occupation, dan mungkin kekayaan dari sebuah rumah tangga tersebut. Tetapi di beberapa Negara termasuk Indonesia, SES diukur dengan menggunakan satu variable saja.

Di Indonesia, yang mengadakan pengukuran SES ini salah satunya adalah Nielsen (Roy Morgan juga melakukannya). Mereka melalui beberapa pertimbangan, menggunakan monthly household expenses untuk mengukur SES ini.

Pengambilan data untuk SES ini dilakukan di 10 kota besar, dan hasil definisi SES 2010 adalah sebagai berikut

  • SES A: 3.000.000 +
  • SES B: 2.000.000 – 3.000.000
  • SES C1: 1.500.000 – 2.000.000
  • SES C2: 1000.000 – 1.500.000
  • SES D: 700.000 – 1000.000
  • SES E : < 700.000

Geek only:

  • Selain mengumpulkan data tentang monthly housesold expenses, Nielsen juga melakukan pengumpulan banyak sekali data, diantaranya occupation, Income, education dan lain lain, dimana variable2 ini nantinya diguanakan untuk membuat test validitas yang diperlukan
  • Monthly H/H Expenditure adalah belanja rutin bulanan termasuk diantaranya: air, listrik, telepon, uang sekolah, bensin dll. Tidak termasuk :pembelian / cicilan big ticket item (rumah, mobil, arisan), baju,  entertainment ( nonton, makan diluar, clubbing) dll.
  • Mungkin anda merasa bahwa definisi diatas terlalu kecil atau sebaliknya, perlu diingat bahwa definisi tersebut diambil dari 10 kota besar (ada kota yang skew ke SES atas, ada juga kota yg skew ke SES bawah). Bila anda menginginkan kelas atas sekali, mungkin anda harus menambah variable lain misalnya SES A pemilik kartu kredit Gold.
Advertisements

55 thoughts on “SES-Socio Economic Status Indonesia

  1. Hi Pak Vidi,

    Saya membutuhkan data SES penduduk kota Surabaya terbaru beserta persentasenya. Apakah bapak ada saran kemanakah saya harus mencarinya pak?
    Data ini saya perlukan untuk data tesis saya untuk mengetahui jumlah kelas ekonomi yang ada di kota Surabaya.
    Mohon bantuannya pak.

    Terimakasih banyak atas bantuannya pak

  2. pak, saya mau tannya soal kelemahan dan keunggulan SES itu sendiri. khusus nya di indonesia pak?
    maaf klw pertannya nya kurang jelas.

  3. Hi Vidinur,

    This article was written last 2010. I am curious if it still remains the same now, if not, what is the latest and current SES classification for Indonesia (2012)?

    Thank you so much.

    Regards,
    Eli

  4. salam kenal pak Vidi, boleh mohon pencerahan untuk info spending habit & buying power kalangan usia 17 – 30 tahun? apakah ada korelasi dengan data SES di atas, mengingat kalangan tersebut rata-rata masih single atau baru berkeluarga dan baru bekerja. dimana kira2 saya bisa mendapatkan info globalnya (selain menghubungi langsung Nielsen). terima kasih sebelumnya pak :)

    • Perlu diketahui bahwa SES ini ukurannya adalah pengeluaran keluarga, Ada kemungkinan dengan pengeluaran yang sama keluarga kecil akan lebih banyak berbelanja produk yg lebih mahal dibandingkan keluarga yang besar.

  5. cari data/perbedaan dari masing2 kelas SES, dimana ya?
    saya lagi cari kelas yang signifikan untuk diukur intensi membeli mobnas, sebenarnya targetnya bawah dan menengah kebawah, tetapi sepertinya apa lebih baik pakai yang kelas menengah hingga atas ya?

  6. malam pak vidinur….
    saya ruy mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhir,
    kalau tidak merepotkan, bisa tidak saya minta informasi tentang karakteristik SES AB secara mendetail untuk keperluan tugas akhir saya?
    terimakasih sebelumnya

  7. Pak vidinur.. ipembagian itu berdasarkan income/ expenditure? apa tidak ada klasifikasi pendapatan masyarakat rendah, menengah, tinggi? karena penelitian saya butuh literatur ttg penggolongan pendapatan masyarakat..

    • berdasarkan expenditure… kalsifikasi pendapatan tak ada, karena kalau ditanya pendapatan suka nggak bisa jawab… semua di jelaskan disitu kog…

  8. pak mau tanya nich kira2 perubahan range dari SES itu sendiri berdasarkan apa?
    kan yang bapak beritahu mengenai range SES yang ada seperti itu,nah kemungkinan range itu berubah dr faktor apa saja yg mempengaruhi,dan penetapannya

    terima kasih

    • Dari tahun ke tahun SES itu akan diubah menurut hasil study, karena proporsi SES harus tetap di maintain, misalnya SES C harus sekitar 40% dari populasi, SES AB 25% dan DE 25%. Kalau belanja sehari hari meningkat, kalau tidak diubah kriteria SESnya nanti SES AB akan lebih banyak dari C dan SES DE akan menghilang… mudah2an jelas… :)

      • Tapi di 2011 SES AB 36%; C 50%; DE 14%. Berarti patokan tersebut masih bisa berubah. Menurut saya adalah kriteria A, B, dst yang harus disesuaikan. Karena setiap tahunnya ada inflasi, itu berarti kenaikan harga barang dan kenaikan penghasilan.

        • Betul..! Kriteria A,B dst bisa berubah ketika proporsinya sudah tidak lagi sesuai dengan kurva normal, misalnya SES AB mendekati 50%, artinya kurva SES tidak lagi “normal” tapi condong ke AB, maka kriteria SES harus diubah atau di adjust sesuai dengan proporsi mendekati “Normal curve”. Kriteria SES ini sudah beberapa kali mengalami perubahan di beberapa tahun belakang.

          Perubahan tersebut bisa diakibatkan karena beberapa hal yang anda sebutkan diatas… so saya setuju dengan anda

          • Pak,kalau hasil survey 2012 sdh dpt boleh donk di share ke email saya.
            Kemudian, apakah Bp pny metode forecast SES hingga 2016? Krn sy sdg buat Business Review dan kantor Regional mnt sy buat forecast SES 2016. TERIMA KASIH

          • Untuk hasil survey 2012 silahkan hubungi Nielsen Pak, saya tidak berhak memberikannya langsung, untuk forecast 2016, kalau proporsi SES, mungkin tidak akan jauh beda dengan tahun2 sebelumnya karena mengikuti kurva normal, tapi kalau untuk kriterianya memang lebih susah karena banyak asumsi yang harus di pakai…

  9. Pak, kira-kira memungkinkan gak jika saya menginginkan data jumlah penduduk yang berada dimasing-masing level SES? ada masukan dimana saya bisa mendapatkannya?

    terima kasih

  10. Pingback: ribut ribut tentang Operator bermasalah « geografiobey
  11. oh iya, sebelumnya pernah saya lihat penilaian SES yg incomex didasarkan pada UMP (Upah minimum provinsi).. kira-kira kalau pakai dasar penilaian itu bgm pak?

  12. hai.. untung nemu info ini pak. saya mahasiswa yang ingin melakukan penelitian mengenai SES,,kira2 bapak punya contoh-contoh kuesioner peneltian yang dapat saya gunakan dalam membantu peneltian saya? terima kasih sebelumnya. :)

    • Kuesioner penelitian sangat tergantung dari penelitian anda, jadi lebih baik anda diskusikan dengan dosen pembimbing.

      SES bisa didasarkan apa saja termasuk UMP sebagai dasarnya, bahkan ada yang menggunakan variable tambahan “ukuran rumah” utnuk klasifikasi SES, semuanya tergantung dari kepentingan pengguna. Jadi intinya, sesuaikan penggunaan SES dengan study anda.

  13. Pingback: Hand Phone Si Emang | Arif Hidayat Blog
  14. “Dinegara yang maju, untuk mengukur SES terdiri dari beberapa variable: misalnya Income, Education, occupation, dan mungkin kekayaan dari sebuah rumah tangga tersebut. Tetapi di beberapa Negara termasuk Indonesia, SES diukur dengan menggunakan satu variable saja.”
    Pak vidinur, saya boleh minta sumber ttg pengukuran SES di indonesia yang hanya diukur dgn satu variabel. pertimbangan apa saja ya pak yg dipakai untuk memutuskan memakai monthly expenses

    thx

    • Karena di Indonesia pertanyaan Income adalah pertanyaan yang sensitive, banyak yang tidak mau terus terang karena curiga bahwa surveyor dari petugas pajak, atau karena simply tidak tahu berapa jumlah income sebetulnya dari seluruh anggota keluarga.

      Kalau Monthly expenses, lebih mudah di tanyakan dan mudah memvisualisasikan meskipun harus sedikit menghitung..

      Demikian mudah mudahan menjawab

  15. Thanx soooooooooo freakin much om! Saya sangat butuh data ini, dan akhirnya nemu juga buat ngerjain TKA saya.

    Thank you
    Thank you
    Thank you
    Thank you
    Thank you

    :D

  16. hello ..pak …
    sebelumnya aku ucapkan terimakasih karena aku bisa dapet SES di web bpk ini…heheh sangat membantu
    pak, aku lagi nyusun TA tentang Tv satelit berbayar. kira2 bpk punya data segmentasi pasar Tv satelit di Indonesia gak ?
    mohon bantuannya ya pak … :)

    regards,

    debby

    • Bukannya itu yang seharusnya anda cari untuk TA anda…? Segmentasi akan tergantung bagaimana anda akan mengelompokkan konsumennya dan itu akan berbeda beda sesuai dngan kebutuhannya.

  17. Pak vidinur,

    Mau konfirmasi, apakah data SES yang ditampilkan diatas merupakan SES 2010 dari AC Nielsen?
    Dan apakah saya boleh minta ijin mengopinya.
    Terima kasih.

  18. Pak, boleh minta link sumber data untuk SES dari AC Nielsen? Saya sudah coba cari di webnya AC Nielsen Indonesia tidak ketemu juga. Terima kasih sebelumnya

    • Hi Sysilia,
      Biasanya mereka mengadakan press conference utk mengumumkan SES tersebut, dan memang tidak ada di website Mereka. Kalau anda bekerja di Perusahaan, mungkin bisa langsung menghubungi Nielsen. kalau anda mahasiswa, mungkin saya bisa membantu informasi lain yang anda butuhkan dari press release Nielsen yang saya kumpulkan.

      • Saya mahasiswi universitas Atmajaya Jakarta yang sedang mengadakan penelitian tesis, Pak. Kalau tidak merepotkan, saya boleh minta soft copy press releasenya AC Nielsen Indonesia mengenai SES classification? Terima kasih banyak untuk bantuannya.

    • Hi Sysil, ternyata saya dapatkan bukan dari press release, tapi catatan dari agency, meskipun saya memiliki informasi yang lebih mendetail, saya tidak bisa memberikannya kepada anda tanpa ijin yang mengeluarkan. Better contact Nielsen directly for further info.
      Cheers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s