Peran Produk Baru

Pada saat ini, sudah ada lebih dari 1500 SKU (stok keeping unit) shampoo yang tersedia dipasar, lebih dari cukup untuk untuk memenuhi, segala jenis kebutuhan rambut di seluruh Indonesia.

Tetapi kita tahu bahwa produk baru shampoo masih bermunculan, dan sebagai sesama pemasar, kita tentunya tahu bahwa produk shampoo yang baru itu, sedikit sekali (mungkin malah tidak ada) perubahannya in term of ingredient produknya.

Produk produk baru tersebut lebih untuk menyesuaikan dengan gaya hidup konsumen yang berubah daripada menyesuaiakan jenis rambut.

  • Dengan mulai ter-frakmentasi-nya pasar, maka kita harus terus mencari market niche yang belum digarap oleh kompetitor kita. Produk baru dapat dikomunikasikan untuk gaya hidup segment tertentu
  • Produk baru juga dapat memberikan alasan kepada pemasar untuk berbicara tentang suatu yang baru (dan beda) dengan existing konsumennya sehingga dapat menciptakan image bahwa produknya selalu innovative, tidak ketinggalan jaman.
  • Produk baru memiliki peran untuk merevitalisasi produk lama yang sudah dalam tahap maturity dari siklus hidupnya

Kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan produk baru adalah pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab, karena akan sangat berhubungan dengan product life cycle dari merek yang bersangkutan, perubahan di konsumen dll. Sehingga dalam melakukan kajian mengenai produk baru diperlukan sebuah informasi konsumen yang cukup banyak

Tetapi umumnya, sebuah perusahaan yang sehat, memiliki kebijakan new product development (NPD) yang proaktif, tidak menunggu kompetitor melakukannya duluan. Sekarang coba kita lihat masing masing, berapa persen dari penjualan kita dari produk-produk baru dalam dua tahun terakhir? Untuk FMCG, dari beberapa rekan saya dapat gambaran bahwa 10% keatas sudah bisa dianggap tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s